Sejak berdiri tahun 6 Agustus 2007, pesantren Miftahul Huda Wanaraja Garut sudah banyak mengalami kemajuan yang cukup pesat. Dengan terus menerus dan membina para jamaah dan mengayomi masyarakat tanpa lelah, pesantren Miftahul Huda Wanaraja Garut mencoba mengembangkan potensi perekonomian kearah Pesantren Mandiri.

Dalam rangka mengembangkan tujuan pesantren tersebut, Pesantren Miftahul Huda yang berada di bawah naungan Yayasan At-tauziriyah Wanaraja, Jl. Bojong Nangka Kp. Bojong Nangka Rt.02/04 Ds. Wanaraja Kec. Wanaraja Kab. Garut. Saat ini sedang melakukan berbagai program pengembangan Ekonomi Pesantren secara Mandiri dengan mengebangkan berbagai usaha baik Koperasi Pesantren (KOPONTREN), ternak sapi maupun pembebasan lahan pertanian (sawah). Hal ini kami lakukan karena kebutuhan pesantren untuk mendanai berbagai program pesantren saat ini sudah banyak kemajuan dan antusiasme berbagai kalangan masyarakat yang ikut serta ikut program ini ataupun menikmati program ini semakin banyak.

Program pesantren Mandiri secara perekonomian memang sudah banyak digaungkan oleh pemerintah dan didukung secara penuh melalui program untuk pesantren melalui bantuan pemerintah, lembaga, maupun bantuan CSR (corporate social responsibility) baik instansi pemerintah maupun swasta. Untuk mengikuti program pemerintah tersebut seiring dengan program internal pesantren, maka kami perlu membenahi sisi internal pesantren baik kepengurusan maupun administratif untuk lebih profesional, transparan dan mengikuti perkembangan jaman.

Pesantren sebagai pelayan masyarakat sangat bertanggung jawab meningkatkan kualitas moral, keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan ikut serta mensejahterakan masyarakat.

Saat ini pesantren Miftahul Huda wanaraja Garut mengusung beberapa kegiatan program ekonomi pesantren mandiri sebagai berikut :

  1. Pembuatan Koperasi Pesantren
  2. Budidaya ternak Sapi untuk memenuhi kebutuhan program rutin tahunan perayaan Hari Besar Islam (HBI)
  3. Pembelian lahan Sawah untuk memenuhi kebutuhan konsumsi beras pesantren dan HBI
  4. Pelatihan santri Mandiri untuk mempersiapkan bekal para santri pada saat diterjunkan ke masyarakat.

Kami membuka lebar kepada para donatur untuk ikut serta berpartisipasi mensukseskan program tersebut. Kami menerima bantuan berupa pelatihan santri mandiri, pengembangan infrastruktur pesantren, pendidikan, bantuan berupa dana untuk pengembangan pesantren.